Aspek yang Perlu Diketahui Dalam Menjaga Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan seseorang saat mengerjakan sebuah tugas tanpa merasa capek. Guna menggapainya perlu dilakukan beberapa bentuk olahraga kebugaran jasmani.

Terdapat setidaknya 7 bentuk latihan kebugaran jasmani yang bisa Anda gunakan. Latihan tersebut berupa latihan kekuatan, ketahanan, keseimbangan, ketepatan, daya tahan, kelincahan, daya ledak, dan kelenturan. Itulah macam-macam aspek yang perlu dilatih guna mendapat tubuh yang kuat.

Supaya bisa memahaminya dengan sempurna, ayo kita lihat sejenak lebih rinci tentang tehnik melakukan 7 macam latihan kebugaran jasmani tadi. Simak dibawah ini ??

Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan berhubungan dengan kemampuan otot dalam mengangkat barang yang besar. Kemampuan tersebut bisa diamati dengan cara mengukur berapa berat terberat yang bisa kita angkat. Kemampuan otot memiliki peranan penting, karena akan mempengaruhi daya penggerak dan menghindari kejadian fatal ketika melakukan latihan.

Biasanya latihan kekuatan dikerjakan dengan tehnik menggerakkan beban untuk membesarkan otot tubuh. Ada 2 macam cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kekuatan otot.

Pertama, menggerakkan menda berat yang seringkali dikerjakan di dalam GYM. Arti dari beban berat contohnya adalah {dumbel dan barbelbarbel dan dumbel}. Barbel adalah peralatan kebugaran berbentuk sebatang besi yang dilengkapi dengan piringan pemberat di kedua sisinya. Sedangkan dumbel biasanya berbentuk lebih kecil.

Kedua, mengangkat beban internal yaitu badan kita masing-masing. Ada beberapa bentuk latihan yang dapat dikerjakan contohnya sit up, push up, dan back-up. Bentuk latihan kebugaran jasmani macam itu lebih mudah dilakukan dimana saja. Sebab tidak memerlukan peralatan apapun untuk pelaksanaannya.

Latihan Keseimbangan

Keseimbangan adalah kemampuan dalam menjaga keseimbangan supaya {taktidak} mudah terjatuh karena adanya berat masa benda pada bumi, entah saat kondisi bergerak ataupun diam. Kemampuan menjaga keseimbangan saat kondisi diam dinamakan keseimbangan statis. Sedangkan tetap seimbang ketika bergerak dinamakan keseimbangan dinamis.

Ada beberapa cara supaya melatih keseimbangan yang kamu miliki.

Berdiri pada satu kaki, tujuan dengan melatih ini guna untuk meningkatkan keseimbangan tubuh secara bergantian dengan bertumpu pada sebelah kaki saja.

Berdiri dengan 1 kaki kemudian jongkok, manfaatnya adalah untuk meningkatkan keseimbangan fisik dengan berkali-kali mengganti titik berat badan.

Duduk dengan menaikkan kedua kaki, tujuan gerakan tersebut adalah meningkatkan keseimbangan pada punggung dan kaki.

Berjalan diatas papan kayu, manfaatnya adalah untuk melatih keseimbangan tubuh dengan tehnik tetap bertahan di atas balok dan tidak terjatuh.

Latihan Kecepatan

Kecepatan adalah kekuatan individu untuk berpindah tempat dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Kecepatan bisa juga dimaksudkan sebagai keahlian untuk melakukan berbagai gerakan dengan waktu yang singkat. Pada umumnya kecepatan berhubungan pada kecepatan berlari yang dianugrahkan pada setiap orang.

Untuk kemampuan dalam gerakan bisa diartikan sebagai refleks. Latihan kecepatan refleks bisa dilakukan dengan meningkatkan respon kita pada suatu hal. Perumpamaannya dalam latihan lari saat pelari mengetahui suara peluit maka akan segera berlari. Semakin tinggi respon terhadap suara peluit, semakin meningkat gerakan mereka.

Latihan Kelincahan

Kelincahan adalah keahlian individu dalam bergerak secara berganti-ganti dengan cepat tetapi masih mempertahankan keseimbangan. Macam latihan kelincahan bisa dilakukan dengan bermacam-macam gaya gerakan yang memiliki dampak dalam melatih kelincahan individu.

Macam-macam latihan kelincahan yang dapat dilakukan dalam mengembangkan kelincahan pada tubuh adalah: bergerak secara zig-zag, berlari bolak-balik, lari melompati rintangan, dan lain sebagainya.

Latihan Daya Tahan

Latihan daya tahan dilakukan dengan tehnik melatih tubuh kita untuk mengerjakan gerakan sama berulang-ulang supaya tidak mudah merasa lelah ketika menjalankan semacam aktivitas. Apabila mau meningkatkan daya tahan otot dapat dilakukan menggunakan cara mengangkat dumbel dengan berulang-ulang. Cara tadi sering dipakai dalam melatih daya tahan otot legan.

Selain itu Anda pun bisa mengasah ketahanan paru-paru dan jantung dengan melakukan olahraga aerobic dengan timing yang lama. Tak hanya itu, Anda pun dapat melakukan kegiatan yang lain seperti lari parkour (cross country), interval training dan cicuit training.

Latihan Kelenturan

Latihan kelenturan atau fleksibilitas badan memiliki manfaat untuk mengasah kelenturan otot persendian fisik kita. Apabila otot persendian kaku maka mengurangi pergerakan kita dalam bergerak dan bisa menyebabkan cedera. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, Anda bisa melakukan peregangan untuk melatih kelenturan.

Kelenturan dibutuhkan oleh berbagai macam cabang olahraga, meskipun demikian, ada perbedaan kebutuhan kelenturan untuk mendapatkan hasil yang membanggakan di setiap cabang olahraga. Latihan kelenturan (flexibility training) bisa digolongkan dalam beberapa bentuk pergerakan, yaitu peregangan dinamis dan peregangan statis.

Peregangan dinamis dikerjakan menggunakan cara melenturkan anggota badan dengan teratur atau memantul-mantulkannya (bouncing). Peregangan statis dilakukan dengan tehnik meregangkan anggota tubuh dan tetap diam (static) selama sementara waktu.

Latihan Daya Ledak (Power)

Kemampuan ledak otot bisa dimaksudkan sebagai ketangkasan otot atau sebagian otot pada bagian tubuh tertentu, guna menjalankan kerja secara eksplosif. Kecapatan dan kekuatan kontraksi otot merupakan bagian yang dapat mempengaruhi kemampuan ledak otot.

Dalam kehidupan harian, daya ledak ini diperlukan untuk menggerakkan sebuah barang dari tempat yang satu ke tempat lainnya yang dikerjakan dengan tiba-tiba. Sedangkan dalam bidang olahraga, daya ledak otot digunakan dalam cabang olahraga lempar lembing, lempar cakram, dan lain-lain.

Dengan melakukan 7 bentuk olahraga kebugaran jasmani di atas, fisik Anda akan menjadi lebuh kuat dan tak gampang letih saat melakukan kegiatan berat. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi Anda supaya selalu menjaga gaya hidup sehat secara rutin menjalankan olahraga. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *